Kamis, 27 Desember 2012

Cara Mudah Mengganti Tampilan / Template Blog di Blogspot

Setiap blogger pastinya menginginkan tampilan blognya semenarik mungkin, indah dipandang oleh mata, dan tentunya membuat betah siapa saja yang sedang berkunjung ke blog kita, tampilan sebuah blog juga terkadang mewakili karakter personal sang pemilik blog, juga seringkali susunan warna yang menyusun sebuah blog mencirikan thema blog tersebut. Jika anda membuat blog di blogspot, anda akan diberikan tampilan standar yang sebenarnya sudah bagus, tampilan dasar tersebut selanjutnya dapat kita rubah sesuai dengan kemauan kita, dengan syarat kita harus sudah paham tentang kode HTML dan CSS.

Nah, bagi yang belum menguasai kode HTML dan CSS, masih bisa mengganti template blog sesuai dengan yang kita inginkan juga, caranya adalah dengan mendownload template blog dari penyedia template, untuk mendownload template tersebut biasanya gratis juga lho. Kemudian dimanakah kita bisa mendownload template tersebut, untuk menemukan situs yang menyediakan template blog gratis anda bisa menggunakan jasa mesin pencari, ketikkan saja pada kolom pencarian google anda ketikkan "Template blogspot", "free template blogger", atau "blogger template", hasilnya pasti akan segera tampil dan anda tinggal masuk ke situs tersebut untuk mengunduh template yang anda inginkan, kalau tidak ingin repot mencari, sudah saya sediakan link situs tersebut, berikut sedikit daftarnya :
1. http://blogtemplate4u.com/
2. http://www.zoomtemplate.com/
3. http://www.deluxetemplates.net/
4. http://btemplates.com/
Bagaimana, sudah mendapatkan template yang anda inginkan, jika sudah, silahkan anda download template tersebut, template blog yang sudah di download biasanya akan dibungkus dengan file dot zip atau dot rar. sebagai contoh nama file template "minima.zip","minima.rar" file tersebut harus kita extract dulu, atau mengeluarkan dari bungkusnya ibarat kita beli eskrim, kita harus buka bungkusnya dulu, caranya gunakan software winrar yang pasti ada dalam setiap komputer, jika tidak ada, anda dapat mendownload software winrar disini.


File yang akan kita gunakan untuk mengganti template berbentuk file XML, artinya ektensi file yang digunakan adalah .xml, contoh : minima.xml, berikut saya sertakan screen shoot sebagai contoh :

Setelah anda ektrak file minima.rar, caranya klik kanan dan pilih ekstract here, akan muncul sebuah folder bernama minima, dalam folder itulah akan ada file bernama minima.xml, file inilah yang akan kita upload untuk mengganti tampilan blog kita.

Mengganti Template
Jika file berekstensi XML sudah anda dapat, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :
1. Login dalam account blog anda, masuk ke dasboard, cari menu Template ==> Cadangkan/Pulihkan.

2. Akan muncul PopUp yang mengijinkan anda untuk mendowload template yang sudah ada, atau mengganti template, untuk berjaga-jaga, silahkan anda mendownload terlebih dahulu template blog anda.

3. Jika sudah selesai mendownload, selanjutnya silahkan anda cari lokasi file template anda dengan me klik Browse, harap diingat file yang diupload yang berektensi .xml, lalu tinggal klik Unggah, tunggu beberapa saat, apabila sudah selesai selanjutnya anda bisa melihat perubahan tampilan pada blog anda.
4. Dalam mengganti template baru kedalam blog, sering kali ditemui ada beberapa widget yang tidak kita butuhkan dan ingin kita hapus, apabila ada widget yang tidak bisa anda hapus, silahkan baca juga artikel tentang cara mudah menghapus widget blogspot yang terkunci
5. Selesai, gitu aja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengganti template blogspot, apabila masih ada yang kurang jelas, silahkan ajukan di kolom komentar ya, semoga membantu dan bermanfaat bagi yang membaca, salam blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar